Langsung ke konten utama

Contoh IAAS PAAS dan SAAS

     A.     Infrastructure as a Service (IaaS)
IaaS adalah sebuah model layanan dimana penyedia cloud menyediakan hardware / perangkat keras (komputer server, penyimpanan data, jaringan, dll) untuk pelanggan. Manajemen perangkat keras menjadi tanggung jawab penyedia layanan, dan pelanggan mengontrol operating system serta aplikasi yang diinstal ke dalam server. Beberapa contoh layanan IaaS:
1.      Amazon Elastic Compute Cloud ( EC2 ) adalah platform komputasi berupa virtual computer yang dapat di kustomisasi maupun di kembangkan dengan menggunakan prinsip cluster dan load balance. Untuk deployment nya sendiri sangat mudah sekali karena hanya perlu memilih image yang disebut AMI (Amazon Machine Instances) dan setup hanya perlu 5-10 menit

 
2.      Windows Azure
Keuntungan jika menggunakan Windows Azure ini adalah Anda dapat menulis aplikasi dalam bahasa pemrograman yang sama yang Anda gunakan untuk Windows apps seperti: Visual Basic, C++, C#, dll Anda juga dapat menggunakan alat-alat seperti Visual Studio, bersama dengan ASP.NET dan teknologi Windows lainnya yang Anda kenal.

3.      RackSpace Cloud

 

     B.     Platform as a Service (PaaS)
PaaS adalah model layanan yang menyediakan semua hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan / develop sebuah aplikasi pada cloud. PaaS menawarkan fasilitas untuk mengembangkan, testing, deployment, hingga maintenance aplikasi tanpa harus membeli infrastruktur dan software environment (Operating System). Beberapa contoh layanan PaaS:
      1.      Amazon Web Service
Layanan-layanan Amazon Web Services dapat di kelompokkan menjadi 5 bagian besar :
·         Layanan Komputasi
·         Layanan Penyimpanan
·         Layanan Basis Data
·         Layanan Jaringan
·         Layanan Aplikasi
Kelebihan dari Amazon Web Service ini adalah :
·         Aman
Amazon Web Services menyediakan kontrol akses untuk memastikan topik dan pesan dijamin terhadap akses yang tidak sah.
·         Fleksibel
Amazon Web Services dapat diakses di mana saja dan kapan saja.
·         Efisiensi waktu dalam bisnis
Perusahaan-perusahan akan lebih dimudahkan dalam melakukan jual beli dengan menggunakan Amazon Web Services.


      2.      Windows Azure
Beberapa keuntungan dari Windows Azure adalah :
·         Pusat data berada di cloud
SQL Azure menyediakan semua manfaat dari pusat data kelas enterprise, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran tentang back up data.
·         Traffic Manager
Pengguna dapat mengatur keseimbangan traffic incoming di beberapa host milik Windows yang tersebar di seluruh dunia. Apabila suatu aplikasi hanya tinggi trafficnya pada waktu-waktu tertentu, maka tentunya kebutuhan sumber daya hanya tinggi pada saat tertentu saja. Sehingga, kita dapat melakukan setting traffic dengan menggunakan sumber daya rendah pada saat jumlah akses rendah, dan meningkatkan kapasitas sumber daya apabila sedang mencapai peak time.
·         Interoperabilitas
Dengan Azure, Anda dapat mengembangkan aplikasi hybrid yang memungkinkan secara lokal aplikasi Anda untuk menggunakan layanan cloud, seperti layanan database cloud dan layanan penyimpanan. Layanan komunikasi bekerja antara aplikasi lokal dan aplikasi awan, serta perangkat mobile. Azure mendukung open standarts dan protokol internet seperti HTTP, XML, SOAP, dan REST.


      3.      GoogleApp Engine
Ada beberapa kelebihan yang terdapat di Google Apps Engine
·         Google App Engine ini adalah layanan ini disediakan secara gratis.
·         penggunaannya tidak terbatas (unlimited).
·         layanan ini juga terintegrasi dengan berbagai layanan lainnya dari Google
·         jika aplikasi web anda membutuhkan autentifikasi user, anda bisa memanfaatkan Account Google sebagai autentifikasi use
·         setiap data yang disimpan di Google App Engine secara otomatis direplikasi beberapa kali oleh Google dan disimpan di berbagai datacenter Google yang tersebar di seluruh dunia.

 
     C.     Software as a Service (SaaS)
SaaS adalah model layanan dimana pelanggan cloud menggunakan aplikasi yang sudah disediakan dalam cloud. SaaS adalah bentuk cloud yang paling umum digunakan saat ini. Beberapa contoh layanan SaaS :
      1.      Facebook
Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan. Berikut adalah beberapa manfaat facebook :
·         Sebagai tempat untuk mencari teman
·         Sebagai media promosi yang sangat efektif
·         Sebagai tempat untuk menjalin hubungan
·         Sebagai tempat belajar dan bermain

 

      2.      Twitter
Hampir sama dengan facebook, akan tetapi hanya terdiri dari pesan 140 karakter yang biasa disebut Tweet. Disini kita bisa menemukan berita yang sedang hangat diperbincangkan.


      3.      Gmail
Merupakan email dari produk google. Kelebihan dari email ini adalah :
·         dapat mengakses semua produk google
·         Dengan akun gmail anda bisa mengakses Google Playstore yang ada di dalam android
·         Akun Gmail syarat utama anda memiliki blog www.blogger.com  
·         Pihak Google menyediakan Google Drive (ruang penyimpanan file)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Firewall, Jenis-Jenis Firewall dan Gambar Hubungan Kerja Firewall dengan Susunan Lapisan Model Referensi TCP/IP

1.      Apa yang dimaksud Firewall? Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generik yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet dan juga tentu saja jaringan korporat di dalamnya, maka perlindungan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, menjadi esensial.” Jadi firewall adalah suatu mekanisme untuk melindungi keamanan jar

Intrusion Detection System (IDS)

IDS (Intrusion Detection System) adalah sebuah sistem (dapat berupa perangkat keras maupun perangkat lunak)  yang melakukan pengawasan terhadap traffic jaringan dan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang mencurigakan didalam sebuah sistem jaringan, IDS dapat melakukan inspeksi terhadap lalu lintas inbound  dan outbound dalam sebuah sistem atau jaringan, melakukan analisis dan mencari bukti dari percobaan intrusi (penyusupan). Jika ditemukan kegiatan-kegiatan yang mencurigakan berhubungan dengan traffic jaringan maka IDS akan memberikan peringatan kepada sistem atau administrator jaringan. Dalam banyak kasus IDS juga merespon terhadap traffic yang tidak normal/ anomali melalui aksi pemblokiran seorang user atau alamat IP (Internet Protocol).   IDS sendiri muncul dengan beberapa jenis dan pendekatan yang berbeda yang intinya berfungsi untuk mendeteksi traffic yang mencurigakan didalam sebuah jaringan. Beberapa jenis IDS adalah : yang berbasis jaringan (NIDS) dan berbasis host

Membuat Heading pada HTML

Membuat script HTML dengan tampilan berikut : 1. Buka aplikasi editor (notepad atau notepad++) 2. Ketikkan script berikut : <html> <head> <title> LATIHAN 1 </title> </head> <body> <h1> <b> Teks dengan ukuran heading one </h1> </b> <h2> <i> Teks dengan ukuran heading two </h2> </i> <hr> <h3> Teks dengan ukuran heading three </h3> <h4> Teks dengan ukuran heading four </h4> <hr width=500> <h5> Teks dengan ukuran heading five </h5> <h6> Teks dengan ukuran heading six </h6> </body> </html> 3. Simpan dengan nama dokumen.html 4. Buka file yang disimpan menggunakan browser